21 April, 2009

Stabilitas Politik Menuju Kemajuan Ekonomi

Dimuat di Seputar Indonesia, Selasa, 21 April 2009

Hiruk-pikuk perhelatan politik terbesar bangsa ini belumlah usai. Pasca pemilihan umum legislatif pada 9 April kemarin, rakyat Indonesia kembali akan memilih presiden dan wakil presiden pada bulan Juli. Antara April sampai Juli pun diisi dengan konsolidasi partai-partai untuk mengajukan calon presiden dan wakil presiden. Tak heran bila pemberitaan politik di media massa masih mendominasi dibanding berita lainnya.

Bukan hanya media, pemerintah juga fokus dalam penyelenggaraan pemilu karena yang paling bertanggung jawab atas pemilu memang pemerintah. Karena itu, pemerintah menaruh perhatian besar dengan niat untuk menjadikan pemilu ini lancar, tertib, dan damai. Selain pemerintah dan media, rakyat juga ikut terkuras energinya dalam perhelatan akbar ini. Pada masa kampanye, ibaratnya rakyat memiliki pekerjaan baru, yaitu ikut meramaikan kampanye. Tentunya ada imbalannya karena yang mengikuti kampanye ini notabene dari kalangan menengah ke bawah yang memang menginginkan kompensasi dari waktu yang telah mereka luangkan. Sementara bagi kaum menengah ke atas, tidak mungkin membuang-buang waktu di bawah terik matahari, hanya untuk mendengarkan “ocehan” dari para pemimpin partai.

Karena pemerintah, media, dan rakyat sibuk mengurusi politik, tepatlah bila tahun ini disebut pula sebagai tahun politik. Tahun ini, rakyat akan menentukan pilihan pada tokoh yang akan bekerja untuknya selama 5 tahun ke depan. Tentunya harapan rakyat adalah terjadi perubahan terhadap kondisi mereka dari yang kurang baik menjadi baik, terutama menyangkut tingkat kesejahteraan. Pasalnya, saat ini rakyat sedang dibebani penderitaan akut akibat makin kecilnya kesempatan kerja dan makin rendahnya kepemilikan rakyat kecil terhadap aset-aset ekonomi. Akibatnya, Indonesia masih berkubang dengan angka kemiskinan 15,9 persen (versi BPS Maret 2008) dari sekitar 225 juta jiwa penduduk Indonesia, serta tingkat pengangguran sebesar 8,5 persen dari 111,5 juta jiwa angkatan kerja.

Karena itu, tentu kita berharap agar pemilu ini membawa perubahan besar berkenaan peningkatan kesejahteraan rakyat. Memang tantangannya berat karena terdapat beberapa faktor penghambat. Pertama, terjadi kecenderungan terjadinya penurunan aktivitas ekonomi di masa mendatang. Tantangan ekonomi yang dihadapi bangsa ini makin berat. Berbagai prediksi menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2009 ini hanya berkisar antara 4 sampai 5 persen. Tentunya ini makin mengurangi penyerapan tenaga kerja sehingga pertambahan tenaga kerja tiap tahunnya malah tidak bisa diserap oleh peningkatan aktivitas ekonomi. Karena itu, meski tetap terjadi pertumbuhan, bisa saja pengangguran makin bertambah dan kesejahteraan rakyat makin turun. Kedua, bila pemilu yang mengantarkan pemimpin ternyata menimbulkan konflik berkepanjangan, maka efeknya akan merugikan rakyat, dan berimplikasi lebih luas pada dunia bisnis.

Karena itu, menjadi tanggung jawab kita bersama untuk tetap menjaga stabilitas politik di negeri ini agar permasalahan ekonomi Indonesia, terutama karena dampak dari adanya krisis finansial global, dapat kita lewati dengan selamat. Bila stabilitas politik pasca pemilu tercipta, ini akan menjadi salah satu pertimbangan penting bagi investor untuk melakukan aktivitas ekonomi di tanah air. Diharapkan dengan ekonomi yang bergairah, kesejahteraan rakyat akan semakin baik.

7 komentar:

  1. Mas...
    Saya mau nanya nih..
    Gemana sich agar tulisan kita dimuat di harian seputar indonesia? Soalnya saya sudah beberapa kali mengirim kan email.. tapi ga di muat juga.. Tolong petunjuknya..

    BalasHapus
  2. salam kenal mas Miqda.
    saya lihat blog mas, kelihatannya mas juga adalah seorang yang pernah (sering) menulis di media. saya kira, setiap koran itu hampir sama. jadi, tidak ada tips khusus mengenai cara menulis di koran tertentu. yang penting adalah, tema yang anda tulis sesuai dengan tema yang diinginkan oleh redaksi seputar indonesia. dalam hal tertentu, tulisan yang dilengkapi data-data, lebih menarik bagi redaktur media.

    BalasHapus
  3. Salam kenaljuga mas..
    saya ngga sering2 banget sih nulis di koran.. ngga kayak mas randi..
    Saya nulis palingan cuma koran lokal yang bisa tembus...
    Ngga kayak mas randi.. Koran nasional di Sindo... saya dah coba beberapa kali tapi belom pernah tembus nih.. heheheh... makanya saya pengen belajar sama mas randi nih...
    Mas, Di HMI apa jabatannya?
    Saya dari HMI cabang Medan...

    BalasHapus
  4. Posisi saya di HMI masih di tingkat komisariat. saya jadi kepala bidang Kajian dan Riset Komisariat Fakultas Ekonomi UGM

    BalasHapus
  5. Seepphh.. Mantap... Semester berapa skarang? Mas, ngirim ke email khusus untuk redaktur SINDO yah? Klo ada bagi donk.. Soalnya aku masih penasaran nulis di SINDO...
    Trus Mas, tulisan kita dibayar berapa sama SINDO?

    BalasHapus
  6. Mas Miqda, saya sekarang duduk di semester 6. Untuk pengiriman tulisan, saya selalu mengirim ke email redaksi Sindo (redaksi@seputar-indonesia.com). Honor untuk pemuatan adalah 95 ribu. Semoga bermanfaat. Terus mencoba.

    BalasHapus